Daftar Harga dan Proses Permohonan Sertifikasi Uji Kompetensi

Permohonan Sertifikasi

A. PROSES PENGAJUAN PERMOHONAN UJI KOMPETENSI ONLINE
Permohonan Uji Level 1 - 4
Berikut Panduan Proses Pengajuan Permohonan dan Pelaksanaan Uji Kompetensi Online sesuai Surat Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) No. 761/24/DLT.4/2020 tanggal 15 April 2020 tentang Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Secara Online, kami susun tahap demi tahap agar mudah dipahami. Diagram Alir Uji Kompetensi Online (terlampir)
Proses Uji Kompetensi (Jikom), diawali dengan pengisian Formulir Permohonan Jikom secara Perorangan (terlampir) :
1. Form PP-1.1 (Permohonan Perorangan)
2. Form PP-1.2 (Daftar Riwayat Hidup)
3. Form PP-1.3 (Okupasi Jabatan)
4. Form PP-1.4 (Penilaian Mandiri)
Yang perlu mendapat perhatian saat mengisi Form PP-1.1 Permohonan Perorangan :
a) Isi identitas diri sama dengan yang tertera didalam KTP, perbedaan apapun akan ditolak oleh aplikasi Sistem Informasi - SI SKTTK DJK.
b) Pilih & Isi Nama dan Kode Okupasi Jabatan disesuaikan dengan Jabatan dan Jenis Pembangkit yang ditangani saat ini (PLTU, PLTG, PLTGU, PLTP, PLTA, PLTD), lihat Kep. Dirjen KTL No. 247/20/DJL.1/2019 tentang Pedoman Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan di Bidang Pembangkit Tenaga Listrik (terlampir). Dengan panduan singkat sbb :
o Operator Lokal BOP/ Auxiliary Island, Ground Floor, Coal Handling, Ash Handling dan Teknisi Pemeliharaan, jenjang kualifikasi jabatannya adalah Pelaksana Madya (Level 2) :
’ Pengoperasian Pembangkit : D.35.114.01.Kualifikasi2.KIT… atau
’ Pemeliharaan Pembangkit : D.35.115.01.Kualifikasi 2.KIT …
o Operator Senior Lokal BOP/ Auxiliary Island, Ground Floor, Coal Handling, Ash Handling, Boiler/ HRSG, Turbin & Generator serta Teknisi Senior Pemeliharaan, jenjang kualifikasi jabatannya adalah Pelaksana Utama (Level 3) :
’ Pengoperasian Pembangkit : D.35.114.01.Kualifikasi 3.KIT … atau
’ Pemeliharaan Pembangkit : D.35.115.01.Kualifikasi 3.KIT …
o Operator Senior Control Room Auxiliary Island, Coal Handling, Ash Handling, Unit Pembangkit serta Supervisor Pemeliharaan, jenjang kualifikasi jabatannya adalah Analis Muda (Level 4) :
’ Pengoperasian Pembangkit : D.35.114.01.Kualifikasi 4.KIT … atau
’ Pemeliharaan Pembangkit : D.35.115.01.Kualifikasi 4.KIT …
o Supervisor/ Supervisor Senior Pengoperasian Unit Pembangkit, Auxiliary Island, Coal Handling dan Ash Handling, serta Supervisor Senior Pemeliharaan, jenjang kualifikasi jabatannya adalah Analis Madya (Level 5) :
’ Pengoperasian Pembangkit : D.35.114.01.Kualifikasi 5.KIT … atau
’ Pemeliharaan Pembangkit : D.35.115.01.Kualifikasi 5.KIT …
o Manajer Pengoperasian Pembangkit dan Manajer Pemeliharaan Pembangkit, jenjang kualifikasi jabatannya adalah Analis Utama (Level 6) :
’ Pengoperasian Pembangkit : D.35.114.01.Kualifikasi 6.KIT … atau
’ Pemeliharaan Pembangkit : D.35.115.01.Kualifikasi 6.KIT …

Apa kendala/ kesalahan yang sering terjadi saat pengisian Form PP-1.1 ?
1. Penulisan Nama, contoh diisi dengan Raden Purwo Adi Negoro padahal mestinya sesuai yang tertulis di KTP adalah Rd. Purwo Adi Negoro
2. Pasfoto, komposisi yang benar adalah 80% wajah & 20% pundak, back ground warna merah.
Panduan pengisian Form PP-1.2 Daftar Riwayat Hidup, diantaranya diminta menulis dan melampirkan :
o Sertifikat Pendidikan non formal (Pelatihan, Kursus atau Seminar)
o Surat Penugasan/ Uraian Jabatan/ Memo/ Service Request atas kegiatan kerja
yang relevan dengan Okupasi dan Kompetensi yang diambil/ akan diujikan. Kedua isian diatas bisa Anda isi berdasarkan Aplikasi Human Resources yang ada di Aplikasi Kepegawaian, mohon diisi selengkap mungkin karena akan sangat bermanfaat bagi Asesor Jikom dalam mengklarifikasi awal berkas permohonan jikom Saudara.
Panduan pengisian Form PP-1.3 Okupasi Jabatan :
o Pilih Nama & Kode Okupasi Jabatan yang sesuai dengan Ruang Lingkup Pekerjaan pada Jabatan saat ini, harus sama dengan yang tertulis di Form PP-1.1.
o Pilih Kompetensi Inti dan Kompetensi Pilihan yang akan diambil, lihat Kep. Dirjen KTL No. 247/20/DJL.1/2019, dimana ada 2 kemungkinan pilihan sbb :
" Semua pilihan merupakan Kompetensi Inti
" Pilihan terdiri atas Kompetensi Inti dan Kompetensi Pilihan
Contoh sbb :
Okupasi Jabatan : Pelaksana Utama Pengoperasian PLTU (D.35.114.01.Kualifikasi 3.KITLTU)
" Kemungkinan Jabatan : Operator Senior Lokal Peralatan Boiler, keduanya merupakan Kompetensi Inti :
1. Mengoperasikan Boiler bagi Pelaksana Utama (D.35.114.00.032.1); dan
2. Mengkoordinir Pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik (D.35.114.00.077.1)
Okupasi Jabatan : D.35.115.01.Kualifikasi 4.KITLTU Analis Muda Pemeliharaan PLTU
" Kemungkinan Jabatan : Supervisor Junior Pemeliharaan Peralatan Turbin Uap, dengan 1 buah Kompetensi Inti (Mensupervisi Pemeliharaan Unit Pembangkit Tenaga Listrik Bagi Analis Muda - D.35.115.00.144.1 dan minimal 2 buah Kompetensi Pilihan (Memelihara Turbin Uap Bagi Analis Muda - D.35.115.00.085.1 dan Memelihara Sistem Hidrolik & Pneumatik Bagi Analis Muda - D.35.115.00.073.1 atau Memelihara Pompa Bagi Analis Muda - D.35.115.00.072.1 atau Memelihara Valve Bagi Analis Muda - D.35.115.00.074.1)
Panduan pengisian Form PP-1.4 Penilaian Mandiri merupakan Claim bahwa Saudara sudah memiliki Kompetensi yang akan diujikan, untuk itu ada beberapa isian yang perlu mendapat perhatian lebih :
" Kolom isian untuk Tugas Jabatan diisi dengan Tugas Pokok yang terdapat pada Job Description/ Uraian Jabatan.
" Copy Kompetensi Inti dan Kompetensi Pilihan yang terdapat pada PP.1-3 dan tuliskan kegiatan/ pekerjaan/ penugasan yang pernah diselesaikan dan cantumkan dokumen/ foto kegiatan yang relevan sebagai evident / bukti.
Sangat Penting dan Harus Menjadi Perhatian, isi Format Penilaian Mandiri ini selengkap-lengkapnya untuk meyakinkan Asesor Jikom bahwa Saudara benar-benar sudah kompeten.
Bagi Calon Peserta yang mengajukan Jikom level 5 keatas, selain pengisian Format PP-1.1 s.d. PP-1.4 diatas juga wajib menyiapkan/ membuat :
1. Makalah Studi Kasus yang terkait dengan Okupasi Jabatan dan Kompetensi yang diambil, dengan format panduan terlampir , dimana untuk Level 5 & 6 ketentuan pada Bab III huruf B & C bisa diabaikan.
2. Bahan Presentasi, disarankan dalam format PowerPoint.
Demikian tugas yang harus dikerjakan oleh Calon Peserta Jikom Online.
----- OOO -----
Setelah PP-1.1 s.d. PP-1.4. terisi lengkap dan diserahkan kepada Pengelola Kompetensi SDM, maka Pengelola harus melakukan rekapitulasi berkas Permohonan Perorangan tersebut dan menuangkannya kedalam PI-1.1 dan PI-1.2.
Isi Format PI-1.1 dan di tandatangani di atas meterai Rp 6.000,- serta stempel perusahaan.
Isi Format PI-1.2 dengan rekapitulasi Nama Calon Peserta Jikom, Nama Okupasi dan Kode Okupasi Jabatan yang akan diujikan, selanjutnya daftar di tandatangani dan stempel perusahaan.
Tugas Pengelola Kompetensi SDM selanjutnya adalah menyiapkan Data Rekapitulasi Calon Peserta Jikom berupa Format Excel dengan contoh sebagaimana tertera dalam attachment file.
Selanjutnya Soft Copy dokumen/ berkas jikom yang terdiri atas Format PI-1.1 dan Format PI-1.2. berikut lampiran Permohonan Perorangan yang terdiri atas Format PP-1.1 s.d. PP-1.4 serta Data Rekapitulasi Calon Peserta Jikom berupa Format Excel dikirim ke Lembaga Sertifikasi Kompetensi PT Teknik Energi Utama, minimal 3 (tiga) minggu sebelum tanggal jadual jikom yang direncanakan, dengan alasan :
1. Berkas jikom harus dievaluasi terlebih dahulu oleh Penanggung Jawab Teknik (PJT) LSK PT TEU untuk menilai kecukupan/ kelayakan/ kelengkapan berkas jikomnya.
2. Kekurang lengkapan berkas jikom akan di komunikasikan kepada Pengelola Kompetensi SDM Unit Pemohon untuk segera dilengkapi.
3. Setelah berkas lengkap maka :
3.1. PJT menyiapkan Surat Perintah Tugas Tim Uji Kompetensi yang ditandatangani oleh Penanggung Jawab LSK PT TEU
3.2. PJT mengajukan permohonan jikom ke Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) dengan melakukan download/ pengisian aplikasi SI-SKTTK DJK
4. Tim Jikom menyiapkan berkas soal jikom dan menggandakannya.
5. Administrator menyiapkan format-format penilaian, sarana dan prasarana jikom.
6. Jikom dilaksanakan setelah persetujuan pelaksanaan jikom disetujui oleh DJK


Permohonan Uji Level 5-6

Permohonan Uji Kompetensi Online Untuk Level 5-6, sama dengan Level 1-4 diatas ditambah dengan :
1. Pembuatan Makalah Studi Kasus (format panduan terlampir)
2. Pembuatan Materi Presentasi dalam format Powerpoint, diupayakan tiap Bab diwakili 1 (satu) halaman, merupakan intisari tiap Bab. Halaman lain berupa lampiran sebagai antisipasi jika diperlukan penjelasan lebih detail.
Demikian Panduan Pengisian Format Pengajuan Permohonan Uji Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Level 1-4 dan Level 5-6.

B. PROSES PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI ONLINE

Uji Kompetensi Online dilaksanakan tanpa tatap muka langsung, tetapi materi uji tidak berbeda dengan Uji Kompetensi Offline, yakni :
1. Untuk Level 1-4 : Uji Tulis, Uji Praktek dan Uji Lisan/ Wawancara
2. Untuk Level 5-6 : Uji Tulis, Uji Makalah Studi Kasus dan Presentasi
Pelaksanaan Uji Kompetensi Online memerlukan peralatan Komputer/ Laptop dan atau Handphone yang memadai, mampu di install aplikasi Team Meeting (Microsoft Teams Meeting/ Zoom Cloud Meeting/ Google Team, atau lainnya sesuai kesepakatan dan Whatsup) serta handycam bila kondisi mendesak.

PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI ONLINE LEVEL 1 - 4
1. Uji Tulis terdiri atas Soal Isian/ Essay, Pilihan Ganda, Benar-Salah, Menjodohkan dan Labelling masing-masing sebanyak 10 soal. Kisi-kisi soal disesuaikan dengan Unit Kompetensi yang akan diujikan meliputi pemahaman tentang keselamatan ketenagalistrikan berikut sangsinya, pengetahuan/ knowledge apa saja yang diperlukan untuk menangani peralatan/ system, perencanaan dan persiapan kerja, diagram alir, system proteksi/ pengaman dan batasan kerja, pemahaman gambar kerja, nama bagian, fungsi, kemungkinan gangguan dan cara mengatasinya (trouble shooting).
Soal Uji Tulis akan dikirimkan via email ke Admin Unit Institusi Pemohon dalam format .pdf, bersamaan dengan Acara Pembukaan Jikom Online, selanjutnya soal di print out dan dibagikan kepada masing-masing Asesi pada saat pelaksanaan Uji Tulis
Jawaban Uji Tulis dikerjakan langsung didepan laptop/ HP dengan aplikasi Team Meeting ON.
Pengerjaan selama 90 menit, setelah selesai Lembar Jawaban di scan dalam format .pdf dan dikirim ke Administrator Tim Uji TEU.
2. Uji Praktek/ Observasi, dilaksanakan secara online dengan aplikasi yang telah disepakati (Microsoft Teams Meeting/ Zoom Cloud Meeting/ Google Team/ Video Call), pastikan anda memahami proses kerja sesuai Unit Kompetensi yang akan diujikan. Selama Uji Praktek, Asesi didampingi oleh Atasan/ yang mewakili untuk memastikan proses praktek/ observasi tidak membahayakan operasional system/ peralatan. Proses uji berlangsung sekitar 15 menit.
Jika area praktek tidak ada signal (blank spot), maka Asesi diijinkan membuat video uji praktek menggunakan handycam/ handphone berikut narasinya dalam waktu maksimal 7 menit, pastikan kualitas gambar & suara bagus/clear. Video dikirim ke Tim Uji dan di klarifikasi/ verifikasi ke Asesi, berlangsung sekitar 15 menit.

3. Uji Lisan/ Wawancara, dilaksanakan secara online dengan aplikasi yang telah disepakati (Microsoft Teams Meeting/ Zoom Cloud Meeting/ Google Team/ Video Call), bertujuan sebagai proses klarifikasi/ verifikasi kekurangan dalam proses Uji Tulis dan Uji Praktek atau menggali lebih dalam kompetensi Asesi, berlangsung sekitar 15 menit.

PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI ONLINE LEVEL 5 - 6
1. Uji Tulis terdiri atas Soal Isian/ Essay sebanyak 10 soal. Kisi-kisi soal disesuaikan dengan Unit Kompetensi yang akan diujikan meliputi pemahaman tentang keselamatan ketenagalistrikan berikut sangsinya, pengetahuan/ knowledge apa saja yang diperlukan untuk melakukan koordinasi/ supervisi sesuai bidang tugasnya.
Soal Uji Tulis akan dikirimkan via email ke Admin Unit Institusi Pemohon dalam format .pdf, bersamaan dengan Acara Pembukaan Jikom Online, selanjutnya soal di print out dan dibagikan kepada masing-masing Asesi pada saat pelaksanaan Uji Tulis
Jawaban Uji Tulis dikerjakan langsung didepan laptop/ HP dengan aplikasi Team Meeting ON.
Pengerjaan selama 60 menit, setelah selesai Lembar Jawaban di scan dalam format .pdf dan dikirim ke Administrator Tim Uji TEU.
2. Uji Makalah Studi Kasus dan Presentasi, dilaksanakan secara online dengan aplikasi yang telah disepakati (Microsoft Teams Meeting/ Zoom Cloud Meeting/ Google Team/ Video Call).
Uji diatas dimaksudkan untuk mengevaluasi Makalah Studi Kasus dan Proses Presentasinya, juga proses klarifikasi/ verifikasi kemungkian adanya kekurangan dalam proses Uji Tulis. Berlangsung sekitar 45 - 60 menit.
1. Uji Baru
Dilakukan terhadap pemohon/ tenaga teknik yang belum mempunyai
SKTTK melalui tahapan :
A. Pendaftaran permohonan dilengkapi dengan :
- Mengisi Form. Permohonan; P-1.1 sampai P-1.4 *download
- Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup; P-1.2 *download
- Hard Copy & Soft Copy Pas Photo uk 3 x 4 (3lembar) terbaru dengan Background Merah
- Hard Copy & Soft Copy KTP
- FC ijasah terakhir
- Pengantar dari Perusahaan
- Surat Pengalaman Kerja dengan Bukti Pendukung
- FC Sertifikat yang dimiliki sebelumnya terkait Uji Kompetensi yang diambil
- Surat Keterangan Sehat

B. Uji Sertifikasi
- Uji Asesmen Mandiri
- Uji Tulis
- Uji Wawancara/Lisan
- Uji Observasi/Praktek
Pendaftaran Uji Baru ini dapat dimohonkan sendiri secara berkelompok atau dari perusahaan debfab jadwal yang ditentukan oleh pemohon atau mengikuti acara yang kami adakan.

2. Uji Perpanjangan

Pemilik SKTTK dapat memperpanjang minimal 3 (tiga) bulan sebelum masa berlaku SKTTKnya habis secara portofolio dengan melampirkan :

A. Pendaftaran permohonan dilengkapi dengan :
- Mengisi Form. Permohonan; P-1.1 sampai P-1.4 *download
- Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup; P-1.2 *download
- Mengisi Form. Asesmen Mandiri
- Hard Copy & Soft Copy Pas Photo uk 3 x 4 (3lembar) terbaru dengan Background Merah
- Hard Copy & Soft Copy KTP
- FC ijasah terakhir
- Pengantar dari Perusahaan
- Referensi Pengalaman dari Perusahaan beserta lampiran foto hasil pekerjaan
- FC SKTTK yang akan diperpanjang
- Surat Keterangan Sehat

B. Uji Sertifikasi :
Uji secara portofolio dilakukan oleh Asesor

3. Uji Penyetaraan SKA/SKT terhadap
Pemilik Sertifikat Keahlian (SKA) dan Sertifikat Keterampilan (SKT) yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) yang diterbitkan sebelum 17 Februari 2016 dan masih berlaku. Dengan melampirkan :

A. Pendaftaran Permohonan dilengkapi dengan :

- Mengisi Form. Permohonan; P-1.1 sampai P-1.4 *download
- Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup; P-1.2 *download
- Mengisi Form. Asesmen Mandiri
- Sesuai dengan matrix Penyetaraan SKA/SKT terhadap SKTTK
- Hard Copy & Soft Copy Pas Photo uk 3 x 4 (3lembar) terbaru dengan Background Merah
- Hard Copy & Soft Copy KTP
- FC ijasah terakhir
- Pengantar dari Perusahaan
- Referensi Pengalaman dari Perusahaan beserta lampiran foto hasil pekerjaan
- FC SKA/SKT yang akan disetarakan
- Surat Keterangan Sehat

B. Uji Sertifikasi
Uji secara portofolio dilakukan oleh Asesor

Lampiran dokumen : Dokumen Permohonan Institusi. Dokumen Daftar Pemohon Sertifikat Kompetensi. Dokumen Permohonan Perorangan. Dokumen Daftar Riwayat Hidup. Dokumen Okupasi Jabatan. Dokumen Penilaian Mandiri.

 

β€œ Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan β€œ
Ada 3 (tiga) cara untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKTTK)
1. Uji Baru
2. Uji Perpanjangan
3. Uji Penyetaraan SKA/SKT yang diterbitkan LPJK terhadap SKTTK